Home » » The Message : When You Lost, Back to The Past

The Message : When You Lost, Back to The Past


Produser : Restu Iman Bachtiar
Writer & Director : Rezz
D.O.P : Saddam Syukri
Art by : A. Malsari Kharisma Alam
Editor : Ian Sakuragi

Seorang lelaki muda dari Jepang datang ke suatu kota yang asing baginya. Ia hanya membawa satu tas ransel besar dan secarik kertas berisikan alamat. Ia menelusuri satu satu demi satu titik, mencari alamat tersebut. Proses mencari alamat itu berlangsung lama, hingga ia merasa lelah dan hilang. 

Saat Ia sedang beristrirahat, ada seorang gadis yang memperhatikan origami di tangannya. Gadis itu Ia ikuti sampai hilang di tengah keramaian. Si gadis membuatnya teringat ‘pesan’ yang diucapkan ayahnya tentang alasannya mendatangi kota itu, tentang apa yang harus ia cari, dan bagaimana ia bisa menemukannya.

***

Film pertama Findie Production ini ingin bercerita sedikit tentang persahabatan budaya Jepang dan budaya kota Makassar yang berkebalikan, namun punya kesamaan di satu aspek yakni mistisisme dan kerja keras. Karakter pemuda yang ditampilkan agak bodoh dipertemukan dengan gadis lokal yang dengan cara misterius memberitahu pemuda itu ke mana ia harus menuju. 

Mata penonton pun ‘dimanjakan’ dengan barang-barang jualan di pasar yang didatangi si pemuda dan ratusan origami bangau kertas yang bergelantungan di sebatang pohon di tepi sungai. Penuntun penonton bukan narasi, melainkan gambar-gambar runut dan acting pemain yang ‘secukupnya’. 
Dengan cerita singkat, seder
hana, dan misterius, penonton dianjurkan untuk tidak mencari ‘ending’ mainstream di mana biasanya cerita beginian akan berakhir di tujuan secara eksplisit. ‘The Message’ secara harfiah berarti ‘wasiat’ ini hendak melempar wacana sederhana kepada penonton saja, selanjutnya membiarkan penonton bekerja sama dengan eksplorasi pikirannya sendiri untuk mencari ending yang diinginkannya.

@strRezz

0 comments:

Post a Comment