Home » » #Tribute2Ramang, Malam 'crowd funding' Pembuatan Film Dokumenter Ramang

#Tribute2Ramang, Malam 'crowd funding' Pembuatan Film Dokumenter Ramang



Tahun ini peringatan 25 tahun meninggalnya legenda sepakbola Indonesia asal Sulawesi-selatan, Ramang. Di masa kejayaannya dahulu, Ramang membawa timnas Indonesia disegani di dunia. Masih tertera jelas di berbagai literatur, kehebatan Ramang menahan imbang Uni Soviet di Olimpiade 1956. Hingga FIFA pun menerbitkan artikel khusus tentang Ramang pada 26 September 2012.


Dunia mengenang Ramang sebegitu hebatnya, lantas bagaimana dengan kita sebagai orang asli Indonesia yang kini memiliki lingkaran pesepakbolaan yang rancu? Ironis faktanya. Sebagian orang sudah lupa siapa Ramang. Generasi muda sekarang bahkan kurang informasi tentang Ramang. Hanya mereka yang hidup di masa Ramang, yang gemar bercerita tentang tendangan saltonya itu.


Ichwan Persada, salah satu produser asal Makassar yang telah banyak menghasilkan karya-karya film layar lebar berinisiasi mengajak produser dan sineas muda Makassar untuk membuat film dokumenter panjang tentang Ramang.


Film ini direncanakan berdurasi 90 menit dengan tema ‘Kenangan Kita Tentang Ramang, si Macan Asia’ dan akan mengambil lokasi syuting di Sulawesi-Selatan dan (jika mungkin) di stadion tempat timnas Indonesia menahan imbang Uni-Soviet 0-0 di Melbourne, Australia. Di antara yang menjadi pemain dalam film adalah Anwar Ramang, putra Ramang dan keluarganya. Serta beberapa tokoh sepakbola, termasuk wartawan yang pernah mendokumentasikan kehebatan Ramang.


Film ini sebisa mungkin melibatkan semua orang, meskipun bukan pecinta sepakbola. Sebab hakekat Ramang pun seperti itu: legenda bagi setiap orang. Maka dibukalah ‘crowd funding’, mengajak semua lapisan masyarakat turut serta dalam pembuatan film berbentuk donasi minimal Rp 10ribu. Sejumlah 40% dana ‘crowd funding’ disumbangkan langsung kepada pihak keluarga Ramang sebagai bentuk penghargaan kita akan jasa-jasa sang legenda.


Penyerahan donasi kepada Anwar Ramang pada #Tribute2Ramang 16 Nov 2012 (foto oleh @aiwajdi)

Pada Jumat, 16 November 2012 lalu, tim produksi menggelar malam #Tribute2Ramang untuk berdonasi dan ‘bertemu Ramang’ dalam satu acara publik di @woodsygab Makassar. Acara dilengkapi presentase rencana produksi oleh Ichwan Persada, talkshow yang menghadirkan Anwar Ramang dan Iko Md (sebagai pecinta sepakbola) dan tokoh sepakbola Diza Rasyid Ali. Serta lima band Makassar yang antusias turut serta secara suka rela, yakni Melismatis, Firstmoon, Sir Ventury, Tabasco, dan 51 Avenue. Tak ketinggalan sejumlah klub supporter homebase Makassar: (klub supporter) KS Machester United Mks, KS Chelsea Mks, KS Barcelona Mks, KS Inter Milan Mks, KS Real Madrid Mks, dan tentu saja Laskar Ayam Jantan untuk PSM Mks yang dibawa langsung oleh Daeng Uki.


#Tribute2Ramang II

Antusiasme tinggi warga Makassar atas pembuatan film dokumenter ini, membuat tim produksi harus melaksanakan malam donasi kedua pada 5 Desember 2012 nanti. Item acara masih seperti pada malam Tribute pertama, namun kali ini dikemas lebih eksklusif dengan harapan membuka jalan seluas-luasnya bagi setiap kalangan untuk berkontribusi.


#Tribute2Ramang II dimulai pada pukul 19.00 wita sampai selesai di Woodsy Gab Makassar. Kami mengajak semua rekan yang peduli sepakbola dan menghargai jasa pahlawan untuk berkontribusi dalam malam ’crowd funding’ nanti dengan berdonasi minimum 10ribu rupiah dan menyebarluaskan informasi ini.

event details:

Tribute to Ramang II

05 Desember 2012

di Woodsy Gab Makassar

Pukul 19.00 wita sampai selesai

*free access to anyone*

informasi event dan pendaftaran klub supporter hub:
          Rezz: 08218.767.9007 pin: 2935D2AD
          Findie Makassar: 089.674.044.028

twitter: @RAMANG_9


donasi via rekening kirim ke:
BRI 0225-01-044561-50-3 a.n Nurul Faidah Anwar


0 comments:

Post a Comment